T


Berita

Krakatau Semen Indonesia Incar Pinjaman Rp308 M

JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) sepakat bekerja sama untuk membangun Pabrik Slag Powder dengan biaya investasi Rp440 miliar. Adapun pendanaan EPC termasuk IDC menggunakan dana pinjaman dan ekuitas dengan komposisi sebesar 70 persen banding 30 persen, atau porsi dana pinjaman sebesar Rp308 miliar, dana ekuitas Rp132 miliar.

Direktur Utama Krakatau Steel (KRAS) Irvan Kamal Hakim mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan investasi pembangunan perusahaan patungan yang di beri nama PT Krakatau Semen Indonesia (KSI), kedua BUMN ini tengah melakukan pembicaraan dengan perbankan BUMN.

"Sumber pinjaman dari perbankan besar dalam negeri, tapi kita belum bisa informasikan spesifik, tapi bank besar pemerintah," kata Irvan usai Penandatanganan Perjanjian Pembentukan Perusahaan Patungan (Joint Venture Company) di Kantornya, Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Irvan mengakui bahwa dirinya masih belum bisa menginformasikan perbankan tersebut secara rinci berapa besaran ponjaman dari masing-masing pihak, serta berasan dari perbankan pemerintah yang mana.

"Harapannya dari bank pemerintah yang besar, karena lebih prudent, tapi siapa mereka dan berapa porsinya terlalu prematur untuk disampaikan," tutupnya.

Dapat diketahui, proyek pembangunan pabrik Krakatau Semen Indonesia akan dibangun secara swakelola dan menkaryakan tenaga kerja dalam negeri, dan menggunakan kontraktor dan sub kontraktor atau perusahaan lain yang menyediakan jasa dari dalam negeri.

Perseroan akan menentukan, termasuk diantaranya, tetapi tidak terbatas pada harga dan kualitas atas mesin, bahan-bahan, peralatan serta kualifikasi kontraktor, subkontraktor dan personil berdasarkan persyaratan dan ketentuan tang berlaku.

(wdi)

 

http://economy.okezone.com/read/2013/12/20/278/915000/krakatau-semen-indonesia-incar-pinjaman-rp308-m