T


Berita

Krakatau Steel-Semen Indonesia Bikin Perusahaan Patungan

“Pabrik tersebut akan mengolah Granulated Blast Furnance Slag (GBFS) menjadi Ground Granulated Blast Furnance Slag (GGBFS),” kata Direktur Utama KS, Irvan K Hakim di Jakarta, Jumat (20/12).

Menurut Irvan, kerjasama ini dapat meningkatkan pendapatan perseroan dan memberikan kontribusi bagi pengurangan emisi CO2, serta mengamankan pasokan bahan baku GBFS untuk keperluan industri semen. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman hari ini oleh Dirut KS dan SI.

"Pabrik Slag Powder ini dirancang mampu mengolah GBFS sebesar 750.000 ton per tahun. Pembangunan pabrik direncanakan mulai 2014 dan ditargetkan dapat beroperasi awal 2016," kata Irvan.

Irvan menjelaskan, KSI berdiri di Desa Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten, di atas lahan seluas 40.000 meter persegi. Selama pembangunan pabrik, KSI akan melakukan trading ke pihak ketiga atas pasokan GBFS dari PT Krakatau Posco, sebesar 350.000 ton per tahun. 

Sementara, Direktur Utama SI, Dwi Soetjipto mengatakan, slag powder yang dihasilkan oleh KSI akan digunakan oleh SI untuk memproduksi semen portland komposit. Bahan baku KSI berasal dari GBFS KS dan Krakatau Posco. Kemudian diolah menjadi GGBFS sebagai bahan baku semen atau peruntukkan lainnya.

Dwi menjelaskan, investasi untuk pembangunan Pabrik Slag Powder ini mencapai Rp440 miliar dan modal kerja sebesar Rp24 miliar. Sementara, pendanaan EPC termasuk IDC menggunakan dana pinjaman (70 persen), sebesar Rp308 miliar, dan ekuitas (30 persen) Rp132 miliar.

(ron/rin/wan)

http://www.politikindonesia.com/index.php?k=ekonomi&i=51579-Krakatau-Steel-Semen-Indonesia-Bikin-Perusahaan-Patungan