T


Pengenalan

GBFS/GBS Granulated Blast Furnace Slag/Granulated Blastfurnace Slag adalah kerak (slag) merupakan hasil residu pembakaran tanur tinggi adalah produk non-metal yang merupakan material berbentuk butiran/granular. Unsur GBFS sebagian besar terdiri dari kapur, silika dan alumina yang terkandung di dalam besi saat dimasukkan kedalam tanur.

P

blastfurnace.jpg

P

Reaksi pemisahan antara besi/baja dengan unsur lain ini terjadi setelah dipanaskan dengan temperature 1.600oC di dalam tanur (blast furnace) yang akan merubahnya menjadi cairan. Bila cairan ini didinginkan dengan mencelupkannya ke dalam air maka akan terjadi kristal yang disebut sebagai GBFS. Butiran Kristal ini dapat dipakai sebagai pengganti agregat.

GBFS memiliki komposisi kimia tidak berbeda dengan bahan-bahan mineral alami termasuk bahan hidrasi seperti Semen Portland. GBFS bila digiling halus akan memiliki sifat sangat reaktif yang dapat dipakai sebagai bahan pengganti semen. Oleh karenanya sering juga dipakai sebagai campuran Semen Portland dalam pembuatan beton, mortar, grouts dan lain-lain. Campuran produk semen ini disebut sebaga Semen Blended.

GBFS yang sudah digiling halus disebut sebagai GGBFS/GGBS Ground Granulated Blast Furnace Slag/Ground Granulated Blastfurnace Slag.

Pemakaian GBFS maupun GGBFS sudah dikenal lama dibidang bagunan seiring dengan berkembangnya keilmuan khsusunya dibidang beton. Sejarah mencatat perkembangan pemakaiannya sebagai berikut :

P

Tahun Kronologi
1824 John Aspdin mematenkan Semen Portland
1862 Di Jerman, Emil Langin menemukan Semen GGBFS
1880 GGBFS digunakan bersama sama dengan Semen Portland sebagai activator di jerman
1996 Amerika mulai memproduksi dan menggunakan semen GGBFS
1914  Pendirian pabrik GGBFS di Skotlandia
 1990 China telah menggunakan GGBFS pada pencampuran beton
1955–1995  Selama kurun waktu tersebut, di Jerman telah dihasilkan lebih dari 1.1 miliar ton semen dimana didalamnya telah dicampurkan 150 juta ton GGBFS.
1990–2010  

Kurun waktu tersebut beberapa negara di dunia telah menggunakan GGBFS sebagai bahan pembuat semen mix/blended seperti Cina, Irlandia, Australia, Korea Selatan dan lainnya.

 2007  

Total produksi GGBFS di China mencapai 100 juta ton pertahun.

 2012  

Di Inggris telah digunakan lebih dari 2 juta ton GGBFS setahun, sedangkan total pemakaiannya di Eropa mencapai 17.7 juta ton setiap tahunnya.

P

Saat ini pemakaian GGBFS sebagai bahan substitusi Semen Portland dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya sudah sangat dikenal di dunia bahkan GBFS maupun GGBFS dengan bebas diperdagangkan. Di Indonesia pemakaian bahan ini belum tersosialisasi dengan baik. Khususnya GBFS/GBS masih dikategorikan sebagai Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dimana penghasil, penampung, pengangkut serta pengguna/pengolah dibatasi dengan peraturan maupun perijinan yang sangat ketat.