T


News

Dapat Tanah Milyaran Dari KRAS, SMGR Masih Tegar

PT Semen Indonesia Tbk yang baru baru ini menjalankan kerjasama dengan PT. Krakatau Steel Tbk untuk membentuk perusahaan patungan PT Krakatau Semen Indonesia (KSI), mendapatkan lahan dari KRAS untuk membangun 1 unit pabrik yang berdekatan dengan pabbrik Ground Blas Furnace yang merupakan bahan baku semen.

Pabrik Ground Blas Furnace akan dibangun oleh KSI dimana produksinya akan memanfaatkan limbah dari pabrik Blas Furnace milik anak usaha KRAS. Dengan demikian, nantinya ke 3 pabrik ini akan saling terintegrasi dan memakan lahan seluas total 40.000 meter persegi untuk pabrik KSI, dan 76.847 meter persegi untuk cement plant SMGR.

Total nilai tanah tersebut sebesar RP. 175,27 milyar dimana keseluruhan tanah adalah milik KRAS, dengan rincian tanah yang akan digunakan KSI senilai Rp. 60 milyar dan untuk SMGR senilai Rp.  115,27 milyar. Dengan demikian, SMGR tentunya dapat menambah kembali kapasitas produksinya. dan tentunya produksi yang dilakukan dengan KRAS akan menjadi lebih efisien dimana bahan baku yang digunakan adalah berasal dari pemanfaatan limbah yang terbuang dari pabrik KRAS.

Efisiensi yang dilakukan perseroan nampaknya juga tercermin dalam tren pergerakan harga sahamnya. SMGR masih menunjukan tren positif walaupun akhir perdagangan pekan lalu  mengalami pelemahan dimana saham jatuh 1% ke  posisi Rp. 14.350.

Dari kondisi teknikal, SMGR masih berada dalam tren yang cukup baik dimana ADX masih menunjukan tren positif yang lebih dominan. RSI terpantau alami sedikit penurunan di area tengah, dan stochastic masih bergerak naik ke atas.

Dengan kondisi market yang kurang mendukung, disarankan untuk tetap memperhatikan saham ini dan bersiap ambil posisi karena jika harga mampu tembus resistance Rp. 14.500, harga dapat melanjutkan penguatan hingga Rp. 14.700. sementara level resistance saat ini diperkirakan berada di kisaran Rp. 14.150. 

http://vibiznews.com/2014/01/06/dapat-tanah-milyaran-dari-kras-smgr-masih-tegar/